Belajar Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Dulu kalo denger orang jualan ‘asuransi pendidikan’ & ‘tabungan pendidikan’… berasa semua kedengeran bagus… tapi apa yang gak bagusnya?… apa yang aku perlu?… apa yang aku mesti ambil?

Seminar “Sekolah Itu Mahal… So What?” hari ini di Bintang Waktu Islamic Preschool & Daycare, memberikan pencerahan buat orang yang gak ‘finance’ banget, tentang apa yang mesti dipikirin untuk dana pendidikan anak nanti. Waktu disuruh nulis uang pangkal besarnya uang pangkal TK, SD, SMP dan SMA di lembar hitungan yang disediakan aja pada melotot… belum uang kuliah.. apalagi kalo ngambil jurusan mahal, seperti kedokteran!

Gak itu aja, berapa kenaikan uang iuran setiap tahun (pssstt…. uang pangkal pertahun untuk jenjang berikutnya juga naik loh), ditambah uang les yang diperlukan, dan akomodasi kalau si anak tinggal misah dengan orang tua.

Mbak Rakhmi Permatasari, CFP juga ngasih tips jenis-jenis investasi sesuai tingkat return dan resikonya.

Yang penting banget diinget…. kalo investasi untuk dana kuliah (15 tahun), dianjurkan diinvestasikan selama 13 tahun, dan kemudian dana tersebut dipindahkan ke jenis investasi yang lebih rendah resiko supaya, jika mengalami kerugian, tidak terlalu besar dan masih mencukupi pada saat diperlukan 2 tahun berikutnya.

Yup,  it’s a lot of guts to start and really doing this….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s